Visi, Misi dan Tugas Pokok

VISI, MISI, TUJUAN DAN TUGAS POKOK

A. Visi SRCC UMSU

Menjadi Unit Penalaran dan Kreativitas Mahasiswa yang unggul dalam membangun peradaban bangsa dengan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan Sumber Daya manusia berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

B. Misi SRCC UMSU

1. Menyelenggarakan pengelolaan penelitian, pengabdian masyarakat, penerapan IPTEK dan kreativitas mahasiswa tingkat regional, nasional dan internasional.
2. Mendorong pengembangan kompetensi dan minat mahasiswa dalam bidang karya tulis ilmiah, penerapan IPTEK, dan kreativitas mahasiswa.
3. Mengembangkan kegiatan penelitian, pengabdian pada masyarakat, penerapan IPTEK dan kreativitas mahasiswa secara terintegrasi dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi dan civitas akademika secara progressif, dinamis dan proaktif dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Meningkatkan kualitas sumber daya yang peka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi serta peduli terhadap pengembangan masyarakat yang dilandasi dengan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
5. Mengembangkan sinergi kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan industri.
6. Melakukan pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna.

C. Tujuan SRCC UMSU

1. Menghasilkan mahasiswa yang unggul, cerdas dan terpercaya dalam melaksanakan penelitian, pengabdian masyarakat, penerapan IPTEK dan kreativitas dibidang ilmu masing-masing.
2. Menghasilkan temuan-temuan yang berinovasi, ilmiah berkualitas yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu, pengetahuan, teknologi, dan humaniora.
3. Menghasilkan karya-karya yang bersifat aplikatif untuk kepentingan masyarakat.
4. Memotivasi mahasiswa dalam melakukan kegiatan penelitian, pengabdian pada masyarakat, penerapan teknologi tepat guna, serta kreativitas sesuai bidang ilmu masing-masing.
5. Menampung kreativitas mahasiswa dalam meneliti, pengembangan ilmu pengetahuan serta pemberdayaan masyarkat.

D. TUGAS POKOK

1. Ketua SRCC UMSU
Tugas Pokok: melakukan koordinasi setiap kegiatan kompetisi yang akan diikuti oleh mahasiswa dilingkungan Universitas Muhammasiyah Sumatera Utara; Melakukan koordinasi dengan Pimpinan Universitas dan Pimpinan Fakultas; Menjalin kerjasama dengan pemerintah, pihak swasta, industry dan masyarakat berkaitan dengan kompetisi penelitian, pengabdian masyarakat, penerapan teknologi tepat guna dan kreativitas ditingkat Regional, Nasional dan Internasional; Melakukan koordinasi, memonitoring, dan menilai kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, penerapan teknologi tepat guna dan kreativitas yang diikuti oleh mahasiswa; Menghadiri rapat atau kegiatan keilmiahan yang dilaksanakan oleh pemerintah atau swasta ditingkat Regional, Nasional dan Internasional; membantu mahasiswa dalam hal tema penelitian dan pengabdian masyarkat; serta paten/HAKI dan selanjutnya membantu mahasiswa dalam publikasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat; mencari dan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan penelitian dari berbagai lembaga, baik lembaga pemerintahan maupun lembaga swasta; mengembangkan jaringan bersama dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di seluruh Indonesia dan dengan berbagai lembaga lainnya baik tingkat Sumatera Utara, tingkat nasional maupun internasional.

2. Wakil Ketua SRCC UMSU
Tugas Pokok: Membantu melaksanakan tugas ketua dalam melakukan koordinasi setiap kegiatan kompetisi yang akan diikuti oleh mahasiswa dilingkungan Universitas Muhammasiyah Sumatera Utara; Melakukan koordinasi dengan pengurus SRCC Fakultas; Menjalin kerjasama dengan pemerintah, pihak swasta, industry dan masyarakat berkaitan dengan kompetisi penelitian, pengabdian masyarakat, penerapan teknologi tepat guna dan kreativitas ditingkat Regional, Nasional dan Internasional; membantu mahasiswa dalam hal tema penelitian dan pengabdian masyarkat; serta paten/HAKI dan selanjutnya membantu mahasiswa dalam publikasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat; mencari dan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan penelitian dari berbagai lembaga,baik lembaga pemerintahan maupun lembaga swasta; mengembangkan jaringan bersama dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di seluruh Indonesia dan dengan berbagai lembaga lainnya baik tingkat Sumatera Utara, tingkat nasional maupun internasional.

3. Sekretaris SRCC UMSU
Tugas Pokok:
Melakukan koordinasi tugas-tugas yang diberikan oleh ketua, memonitor pekerjaan staf sekretariat dan anggota, mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan pusat penelitian; memfasilitasi semua keperluan pimpinan dalam hal surat memyurat; membantu secara administratif pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat serta penyelenggaraan diskusi, seminar dan kegiatan ilmiah lainnya; mempersiapkan rapat-rapat/pertemuan sesama pengelola pusat penelitian dan juga rapat-rapat dan pertemuan dengan pihak lainnya.

4. Wakil Sekretaris SRCC UMSU
Tugas Pokok:
Membantu tugas Sekretaris dalam Melakukan koordinasi tugas-tugas yang diberikan oleh ketua, memonitor pekerjaan staf sekretariat dan anggota, mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan pusat penelitian; memfasilitasi semua keperluan pimpinan dalam hal surat memyurat; membantu secara administratif pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat serta penyelenggaraan diskusi, seminar dan kegiatan ilmiah lainnya; mempersiapkan rapat-rapat/pertemuan sesama pengelola pusat penelitian dan juga.

5. Tenaga Kependidikan
Tugas Pokok:
Membantu memajukan dan menciptakan iklim akademik ilmiah di lingkungan kampus khusunya di fakultas masing-masing melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, misalnya dengan menggagas dan menggelar diskusi ilmiah, seminar, pelatihan, dan kegiatan lainnya; Membantu ketua dalam menyelenggarakan kegiatan lembaga dan menyusun kegiatan rutin di setiap fakultas; Melakukan koordinasi, memonitoring, dan menilai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh SRCC Universitas dan SRCC Fakultas.